Selasa, 15 Mei 2012

 Siswa SD Ikuti Kejuaraan Robot di Malaysia
 
Peserta dari sejumlah SMA mengikuti lomba robot Elektrobo Vaganza 2012 di Universitas Katolik Soegijapranata di Kota Semarang, Jawa Tengah, Selasa (27/3). Lomba tersebut menjadi ajang adu kreativitas siswa dalam merakit dan merancang robot.
KENDAL - Tiga siswi SD Muhammadiyah Weleri akan mewakili Indonesia dalam kejuaran Islamic School Robot Olimpiade (IISR) di Malaysia pada 23-27 Mei mendatang dalam kategori robot run.

Tiga siswi yang akan bertarung di kejuaraan robot tersebut adalah Salma Nabita Elduur dan Hayatun Nufus yang masih duduk di kelas V, serta  Intan Puspitasari yang duduk di kelas IV.

Jelang keberangkatan ke Negeri Jiran, mereka bertiga tiap sore berlatih di salah satu ruang kelas dipandu guru pembimbing. Dalam kejuraan tersebut, robot hasil rakitan mereka akan ditampilkan untuk menerabas beberapa halang rintang.

Kepala SD Muhammadiyah Weleri, Sriyanta, mengatakan merakit robot adalah kegiatan ekstrakulikuler yang baru digelar setahun belakangan ini. Dalam kejuaraan tingkat nasional di pesantren Darul Arqam Patean belum lama, anak didiknya meraih juara kedua.

"Dari hasil kejuaraan tingkat nasional itu akhirnya siswa kami mewakili Indonesia di kejuaraan tingkat internasional di Malaysia," ujar Sriyanta, Selasa (15/5).

Selama menjalani pelatihan salah satu kendala yang dihadapi para siswa adalah komponen robot yang tidak bisa didapat dengan mudah. Komponen ini dipesan langsung dari Surabaya. Satu paket robot harganya sekitar Rp600 ribu.

Selain terkendala komponen, anak didiknya juga terkendala program yang ada di laptop. Namun berkat kegigihan pembimbing, kendala itu bisa diatasi. Dia yakin anak didiknya mampu bersaing dengan peserta lain dari berbagai negara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar